e-Jurnal STIA Tabalong

Open Journal System STIAT

Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah sebuah laporan peneliti tentang hasil penelitian yang telah dilakukan secara ilmiah. Pada dasarnya, sebagian besar jurnal penelitian dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya tergantung dari metode yang dipakai dalam pembuatan dan penyusunan laporan jurnal penelitian. Biasanya laporan jurnal penelitian dimasukkan dalam terbitan kumpulan jurnal bersama-sama dengan laporan Peneliti lain.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari sebuah jurnal penelitian, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bahan yang shahih dan ilmiah untuk dijadikan referensi pengambilan keputusan.
  2. Sebagai bahan referensi penelitian yang akan menguji keshahihan yang sudah diyakini benar  sebelumnya.
  3. Media bertukar informasi, memaparkan secara ilmiah berdasarkan fakta yang ada.

Walaupun demikian, kita tetap harus dapat memilih jurnal-jurnal penelitian yang bagaimana, yang tepat kita baca apalagi untuk dijadikan referensi. Berikut ciri-ciri jurnal penelitian yang sebaiknya ada pada jurnal penelitian yang kita pilih:

  1. Pilih jurnal yang bahasanya mudah dimengerti. Biasanya memang jurnal berbahasa Inggris kurang diminati tetapi sebenarnya jurnal semacam ini lebih baik dibandingkan dengan jurnal yang berbahasa Indonesia.
  2. Pastikan dalam jurnal tersebut terdapat gambar kerangka penelitian yang digunakan. Kerangka semacam ini akan mempermudah kita untuk menentukan di posisi mana perbedaan penelitian kita bahkan kita bisa menunjukkan kemutakhiran skripsi kita dibandingkan hasil penelitian jurnal trersebut.
  3. Periksa apakah dalam jurnal tersebut terdapat bagian yang menyajikan kuesioner atau minimal ada penjelasan tentang definisi operasional dan indikator penelitiannya. Jika ada dan kita menggunakan variabel yang sama maka dengan adanya informasi ini sangat mempermudah kita dalam penulisan kerangkan pemikiran dalam penelitian kita, karena kita bisa langsung menggunakan kuesioner tersebut dalam penelitian yang akan dilakukan.
  4. Jangan lupa memeriksa bagian belakang jurnal, jika ada bagian “executive summary” nah, bagian ini merupakan bagian rangkuman isi keseluruhan jurnal sehingga mempercepat kita memahami isi jurnal. Tidak semua jurnal memiliki bagian ini.
  5. Periksa daftar pustaka jurnal tersebut, untuk mengetahui referensi apa saja yang diambil oleh peneliti, dalam penulisan dan pengambilan keputusan dalam penelitian tersebut.

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat jurnal penelitian dan ciri-ciri jurnal penelitian yang cocok kita pelajari atau cocok untuk dijadikan referensi, baik untuk penelitian, maupun sebagai referensi pengambilan keputusan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>